Senin, 26 Maret 2012

DASAR KOMPUTASI


 
A. MENGENAL KOMPUTER

1.      Pengertian Komputer
Istilah komputer mempunyai arti luas, kata komputer berasal dari bahasa latin yatu computare yang artinya menghitung, dalam bahasa inggris di sebut to compute. Secara difinisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) yang terorganisasi dibawah kontrol program yang tersimpan dalam memory

Menurut Robert H. Bilssmer 1985, komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Menurut Donald H. Saders 1985, komputer merupakan suatu sistem elektronik yang mampu memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirangcang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan intruksiintruksi yang telah tersimpan di dalam memory.

Menurut VC. Hamacher ZG, komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memproses sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memory (stored program) dan menghasilkan output informas

Menurut William M Fuori, komputer merupakan suatu pemroses data (data processor) yang
dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.

Menurut Gordon B. Davis, komputer merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Dari beberapa difinisi tersebut diatas, bahwa komputer adalah :
·         Alat elektronik
·         Dapat menerima input data
·         Dapat mengolah data
·         Memberkan informasi
·         Menggunakan suatu program yang tersimpan di memory komputer (stored program)
·         Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
·         Bekerja secara otomatis

Sedangkan yang disebut program adalah kumpulan dari beberapa intruksi atau perintah
terperinci yang sudah disiapkan agar komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah ditentukan.

Secara umum sistem komputer terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk suatu satu kesatuan untuk melaksankan tujuan pokok dari sistem tersebut.

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware.


2.      Klasifikasi Komputer
Terdapat banyak tipe komputer yang sangat bervariasi dalam ukuran, biaya, daya kumputasi,
dan tujuan penggunaannya.

Komputer yang paling umum adalah Personal Computer, yang digunakandi sekolah-sekolah, kantor, rumah-rumah. Personal Computer merupakan bentuk paling umum dari komputer desktop.

Komputer desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual dan unit output audio dan keyboard yang ditempatkan secara mudah di meja kantor atau rumah. Media penyimpanan tersebut berupa harddisk, CD-ROM, dan disket atau flashdisk.

Komputer notebook

portable adalah versi ringkas dari personal komputer dengan semua komponennya terpaket dalam satuunit tunggal seukuran koper tipis.

Supercomputer digunakan untuk perhitungan numeric skala besar seperti perkiraan cuaca, desain dan simulasi pesawat terbang. Dalam sistem enterprice, server dan supercomputer, unit
fungsionalnya yang banyak processor, dapat terdiri dari sejumlah unit besar dan sering kali terpisah.

a.      Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah
Berdasarkan data yang diolahnya komputer dapat digolongkan kedalam tiga golongan yaitu :
(1)     Komputer Analog
Komputer Analog, yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontiyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik misalnya alat hitung ; arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dan sebagainya

(2)     Komputer Digital
Komputer Digital, digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi angka dan huruf, karakter-karakter khusus) dan memerlukan bahasa perantara, misalnya Komputer PC, Laptop dll

Keunggulan dari komputer digital  adalah
·         Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan computer analog.
·         Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan untuk diproses

(3)     Komputer Hybrid
Komputer Hybrid, merupakan kombinasi antara komputer analog dengan komputer  digital, misalnya faxcimile dll


b.      Komputer Berdasarkan Penggunaanya

Berdasarkan penggunaanya komputer digolongkan menjadi ;
1.      Special-Purpose Komputer (Komputer untuk pemakaian khusus)
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, biasanya hanyaberupa satu masalah saja, komputer ini dapat berupa komputer digital atau komputer analog, dan umumnya komputer analog adalah special-purpose komputer. Komputer ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri
2.      General-Purpose Komputer (Komputer untuk pemakaian yang umum)
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam masalah, dapat menggunakanbeberapa program yang dapat menyelasaikan jenis permasalahan yang berbeda, karenakomputer ini tidak dirancang untuk masalah secara khusus.misalnya aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan dll

General-Purpose Computer dapat berupa komputer digital maupun komputer analog, tetapi pada umunya komputer digital adalah general-purpose computer

c.       Komputer Berdasarkan Ukurannya
Komputer yang dibedakan berdasakan bentuk dan ukuran fisik dibedakan atas ;
1. Tower (Menara),
2. Desktop (Meja)
3. Portable
4. Notebook
5. Subnotebook
6. Palmtop


d.      Komputer Berdasarkan Processor
(1)     Mainframe adalah komputer yang processornya mempunyai kemampuan besar karena ditujukan untuk banyak pemakai,
(2)     Mini komputer adalah bentuk mini dari komputer mainframe, kalau mainframe memiliki ribuan terminal komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin ratusan terminal.
(3)     Personal Computer adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu atau lebih pemakaian program apilkasi pada saat tertentu.

3. PORT KOMPUTER

Fungsi dan Jenis-Jenis Port Pada Komputer


Port merupakan colokan yang terpasang di bagian belakang case yang berfungsi sebagai
penghubung antara komponen di dalam unit sistem dengan piranti diluar, sebagai contoh, port untuk menghubungkan camera digital, monitor, mouse,printer dsb.

Port dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu ; Port Serial, Port Parallel, Port USB, port
SCSI, Port Infra merah serta port-port yang lain

a. Port Serial
Biasa digunakan untuk melakukan tranmisi data yang beroreintasi pada pengiriman sebuah bit per
waktu, kareana sifatnya demikian pegiriman data berjalan agak lambat, biasanya digunakan untuk
mengoneksi piranti seperti : printer, mouse, modem, PLC (programmable Logic controller),
pembaca kartu maknetik dan pembaca barcode. Port ini sering dinyatakan dengan nama COM.
Konektor yang digunakan adalah RS-232C dengan 9 pin atau 25 pin

b. Port Parallel
Port Parallel atau sering disebut port LPT bekerja atas dasar 8 bit perwaktu, cocok untuk
pengiriman data dengan cepat, tetapi dengan kabel yang pendek (tidak lebih dari 15 kaki).
Umumnya digunakan untuk printer parallel, hard disk eksternal dan zip drive. Konektor yang
digunakan adalah DB-25 yang terdiri dari 25 pin

c. Port USB
Port USB merupakan port yang akhir-akhir ini sangat populer digunakan, yang dapat digunakan
untuk menghubungkan berbagai piranti seperti camera digital, printer, scanner, zip drive dan
sebagainya, port ini mempunyai kecepatan tinggi bila dibandingkan dengan port serial maupun
port paralel

d. Port SCSI
Port SCSI adalah Small Compter Sistem Interface yang merupakan jenis port yang
memungkinkan koneksi antar piranti dalam bentuk sambung menyambung. Port mempunyai
kecepatan tinggi, dengan kecepatan tranfernya 32 bit per waktu, biasa digunakan untuk
menghubunkan hard drive, scanner, printer dan tape drive, konektor yang digunakan adalah DB-
25 dan 50 pin Centronics SCSI.

e. Port Infra Merah
Port ini digunakan untuk mendukung hubungan tanpa kabel, misalnya untuk menghubungkan
mouse yang menggunakan infra merah sebagai media tranmisi, mengirim data dari ponsel, dan
sebagainya

f. Port-Port Lain
Banyak port lain yang tidak tergolong pada port-port diatas, misalnya port untuk monitor, port
keyboard, port mouse, port speaker, port jaringan, port dll


B. MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER SESUAI PROSEDUR

1. Prosedur Menghidupkan Dan Mematikan Komputer
Untuk mengoperasikan sebuah komputer, perlu diperhatikan terlebih dahulu apakah seluruh komponen komputer terhubung dengan baik melaui konektor-konektornya dan komputer terhubung pada power supply listrik,

2. Proses awal strat sebuah komputer dinamakan proses booting, dalam proses ini program
dalam bios akan memeriksa seluruh hardware yang terhubung dengan motherboard apakah sudah siap untuk menjalankan tugas masing-masing atau ada yang mengalami kegagalan. Dalam soal booting dikenal dengan dua macam booting yaitu :

a. Cold boot (booting dingin)
Booting dingin ini, yaitu mengaktifkan komputer dengan melakukan langsung pada tombol
pawer on-off

b. Warm boot (booting panas)
Booting panas, dengan cara melakukan pada tombol keyboard tombol Ctrl + Alt + Delete,
secara bersama-sama atau bisa dengan menekan tombol reset pada casing komputer.

Ketika komputer sudah mulai menyala, maka BIOS akan memeriksa semua hardware yang
terhubung dengan komputer. BIOS (Basic Input Output Sistem) adalah sebauh chip kecil yang berisi program untuk mengenali kesiapan hardware, Selanjutnnya proses diambil alih oleh operating sistem, yang mempersiapkan komputer untuk menerima intruksi selanjutnya dari user (pengguna).

Menghidupkan dan mematikan komputer merupakan pekerjaan awal yang perlu diperhatikan,
karena ini merupakan hal yang paling dasar untuk melakukan tindakan selanjutnya, misalnya untuk membuat naskah, membuat gambar, mengolah angka, membuat animasi dan lain sebagainya.

Untuk menghidupkan komputer tidak jauh beda dengan peralatan elektronik yang lain,
misalnya radio atau televisi yaitu cukup menekan tombol power On/Off siap untuk digunakan.

Jika kalau diperhatikan berikut perbedaan cara menghidupkan dan mematikan computer dengan peralatan lain

Komputer

Elektronik Lain


Tombol power, juga terdapat tombol restart
Hanya tombol power saja
Terdapat perangkat keras dan perangkat
Lunak, kalau dinyalakan akan salaing
Menyesuaikan.
Hanya terdiri dari perangkat keras saja,
cara kerjanya terbatas, dihupkan maka
langsung bisa gunakan
Terdapat proses booting, yaitu proses
pengecekan perangkat keras dan pemanggilan
sistem operasi
Tidak terdapat proses booting
Penyebab kemacetan karena komponenkomponen
atau juga karena programnya
Kemacetan disebabkan kerusakan
komponen

Operasi pada komputer dengan menggunakan
bahasa pemograman
Tidak membutukan bahasa pemograman,
kalaupun ada hanya sebagaian kecil saja
Untuk mematikan dengan menghentikan
semua sistem, menutup semua program dan
shutdown

Mematikan, langsung dengan menekan
tombol power atau langsung memutus
aliran listrik


Sebelum kita menghidupkan komputer, perhatikan terlebih dahulu perangkat komputer telahterpasang dengan benar. Perhatikan kabel-kabel dan konektor lain yang semestinnya terpasang seperti kabel-kabel Power CPU, Monitor, Printer dan sebagainya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan komputer, diantaranya :
Bila menghidupkan komputer, pastikan peralatan terpasang dengan benar. Menggunakan stabilizer atau UPS untuk menghidari kerusakan yang disebabkan arus listrik yang tidak stabil

Pastikan arus listrik mencukupi bila menhidupkan komputer, apabila arus listrik tidak kuat, maka akan berulang kali padam karena kelebihan beban. Dan berpengaruah terhadap komputer.

Dan apabila sudah terpasang semua, maka bisa dimulai untuk menghidupkan komputer, yang diawali dengan mengaktifkan tombol power On-Off yang ada casing komputer kemudian menyalakan monitor untuk melihat proses sampai dimana pelaksanaan booting, atau melihat proses Bios bekerja.

Setelah proses booting selesai maka komputer akan menampilkan dekstop dengan wallpaper atau
background. Setelah menunggu beberapa saat, windows akan menampilkan icon-icon yang bertebaran di halaman depan wallpaper, setelah itu komputer siap untuk menjalankan program aplikasi-aplikasi sesuai dengan kebutuhan, misalnya program pengolah kata, program spreatsheet, aplikasi pemograman dan sebagainya


Setelah selesai menggunakan program aplikasi, maka untuk me-nonaktifkan atau mematikan komputer, terlebih dahulu keluar dari program apliksi yang telah digunakan, kemudian klik start pilih Shut Down,

Shut Down untuk menggunakan windows XP pilih start lalu Turn Off Computer, dilanjutkan. Turn Off. Setelah beberapa saat komputer akan mati dengan sendirinya (secara otomatis) kita hanya mematikan layar monitor, biar lebih aman dilanjutkan dengan mematikan tombol regulator tegangan listrik bila ada.

Bila mengaktifkan dan mematikan komputer seperti yang dilakukan seperti diatas maka akan mengawetkan komputer, maksudnya komputer tidak akan cepat rusak akibat kesalahan mematikan atau menghidupkan komputer, bagaimanapun canggihnya sebuah komputer bila sering mematikan dengan sembarangan maka usia komputer itu tidak akan bertahan lama.

Apabila sering terjadi kesalahan dalam hal mematikan komputer akan mengakibatkan diantaranya, hardware dan software sering mengalami trouble, karena pada saat menjalankan program, piringan pada harddisk dalam keaadaan berputar dan head menempel pada platter (piringan), bila komputer tersebut dimatikan secara tiba-tiba dan arus listrik terputus, maka piringan yang berputar tersebut akan berhenti secara tiba-tiba pula dan terjadi gesekan yang keras pada head. Akibatnya terjadi kerusakan pada piringan yang menyebabkan hilangnya beberapa data, dan bila kebetulan data yang hilang tersebut data program/sistem maka programnya pun ngak bisa dijalankan.

C. KONSEP DASAR PERANGKAT LUNAK

Perangkat keras komputer tidak akan dapat berbuat-apa tanpa adanya perangkat lunak, teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila intruksi-intruksi tertentu telah diberikan kepadanya, intruksi-intruksi tersebut dinamakan dengan perangkat lunak (software). Intruksi-intruksi perangkat lunak ditulis manusia untuk mengaktifkan fungsinya dari perangkat keras komputer.

Intruksi-intruksi yang ditulis oleh pembuat program dilakukan dengan menggunakan bahasa pemograman tertentu. Seperti telah diketahui bahwa komputer hanya mengenal sinyal elektronik, yang dalam kode binear diwakili dengan nilai 1 dan 0. demikian juga seharusnya intruksi-intruksi
yang ditulis harus dalam bentuk binary dan akan membuat frustasi si pembuat program. Untuk mengatasi hal ini, maka intruksi-intruksi dapat dibuat dengan suatu bahasa pemograman tertentu dan diterjemahkan ke bahasa mesin yang dimegerti oleh komputer dengan suatu perangkat lunak yang disebut dangan language software

Dalam sistem pengolahan data dengan bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah-masalah tertentu dengan cara mengolah data yang ada dengan menggunakan suatu program yang ditulis oleh pemogram komputer (programmer). Program yang ditulis ini dengan menggunakan bahasa pemograman yang disebut dengan perangkat lunak aplikasi (application software)

Menurut Prof. Dr. Jogianto, dalam bukunya membedakan perangkat lunak dikategorikan ke
dalam tiga bagian, yaitu :

1. Perangkat lunak sistem operasi (operating sistem), yaitu program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan dari sistem komputer

2. Perangkat lunak bahasa (language software) yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman ke dalam bahasa mesin
agar dapat dimengerti oleh komputer

3. Perangkat lunak aplikasi (aplikaton software) yaitu program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesakan suatu aplikasi tertentu.

Perangkat lunak sesungguhnya adalah program, sebagaimana telah anda ketahui, program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki oleh pembuatnya. Dalam hal ini pembuatnya telah mengatur komputer sehingga komputer memenuhi kebutuhan pemakai, program umumnya dibuat
oleh vendor perangkat lunak (misalnya Microsoft) ataupun perorangan. Tentu saja, jika anda menguasai salah satu bahasa pemograman, anda bisa membuat program yang anda kehendaki.


Sedangkan menurut Abdul Kadir dan Terra CH dalam bukunya, perangat lunak di kelompokkan berdasarkan fungsinya menjadi ;:

1. Perangkat Lunak Aplikasi (aplikastion software) adalah program yang bisa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik; misalnya untuk membuat dokumen, manipulasi foto, membuat laporan keuangan dan sebagainya

2. Perangkat Lunak Sistem (sistem software) juga disebut perangkat lunak pendukung atau support software adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, misalnya : CPU dan piranti masukan/keluaran. Kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, misalnya perangkat lunak sistem yaitu sistem operasi windows dan linux

Perankat lunak aplikasi dapat kelompokkan menjadi ;
1. Perangkat Lunak Hiburan
Perangkat lunak hiburan mencakup program-program permainan, program untuk memainkan musik, untuk memaikan film dll, misalnya Winamp, windows midia player

2. Perangkat Lunak Pendidikan
Perangkat lunak pendidikan berguna untuk mempelajari atau mereferensi pengetahuan misalnya program kamus, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing dll

3. Perangkat Lunak Produktivitas Kerja
Perangkat lunak ini untuk meningkatkan produktifitas kerja misalnya program word processing, spreadsheet, presentasi grafik, dekstop publishing dsb, misalnya Ms. Word, Ms. Excel

4. Perangkat Lunak Bisnis
Perangkat lunak bisnis untuk menagani aplikasi bisnis, misalnya berupa program untuk menagani persedian barang (inventory control) program keuangan, sistem akademik dll

5. Perangkat Lunak Khusus



D. PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Empat komponen utama sebuah sistem komputer adalah input devices, central processing (CPU), backing storage (storage devices) dan output devices.

Input devices dan output devices di kelompokkan dalam satu bagian yang disebut peripheral yang terletak di sisi luar casing komputer.

CPU dan backing storage dikelompokkan sebagai komputer dan biasa terletak di dalam casing utama komputer.

Perangkat keras ini, dikelompokkan menjadi :

1.      Perangkat Keras Masukan (Input Device)
Input Device berfungsi sebagai media masukan data dari luar sistem ke dalam memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Perangkat keras yang termasuk ini diantaranya :

a.     Keyboard
Keyboard berfungsi sebagai tempat pengetikan perintah dan masukan kedalam pada Komputer

b.     Mouse
Mouse adalah perangkat keras masukan yang digunakan untuk menggerakkan penunjuk (pointer atau kursor)

c.      Light Pen
Light Pen merupakan alat yang berbentuk bolpoin yang berfungsi sebagai memberikan input pada computer dengan cara menyentuh layar monitor. Teknologi ini lebih teliti dari pada layer sentuh. Dengan alat ini operator computer dapat memilih item atau memilih perintah pada layer (seperti klik pada mouse) dengan cara menjepit sisi-sisi light pen tersebut atau dengan menekan pada layer.

d.     Layar Sentuh (Touch Screen)
Layar Sentuh merupakan layer monitor yang didesain atau dimodifikasi untuk dapat mengenali sentuhan pada permukaannya. Dengan menyentuh layar pengguna dapat memilih operasi atau memindahkan kursor
Layer sentuh kurang bagus jika digunakan pada computer pribadi (personal computer) karena pengguna harus sering-sering mengangkat tangannya menyentuh monitor. Disamping itu, layar sentuh tidak memiliki resolosi yang tinggi, sehingga kita dapat memilih sebuah lokasi sebuah yang kecil.

2.      Perangkat Keras Pemroses
Piranti pemroses adalah piranti yang bertugas memproses masukan yang diterima oleh computersehingga dihasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan, piranti pemroses dalam computer adalah CPU (Central Processing Unit)

a.Processor
Processor merupakan nama singkat dari microprocessor dan sering di sebut CPU (Central Processing Unit). Komponen ini berupa chip (IC/ Intregated Circuit) adalah sekeping silikon yang berukuran kecil persegi yang mengandung ratusan ribu bahkan sampai jutaan transistor dan komponen elektrik lainnya. Processor salah satu komponen yang terpenting dalam sistem komputer, Processor sering disebut sebagai otak komputer karena sebagai pemroses data.
Contoh: Pentium 3. Pentium 4, Celleron, AMD dll.

b.Memory
Memory adalah ruang simpan sementara dalam chip komputer, memory terbagai atas main memory (penyimpan memory utama) dan backing storage (penyimpan cadangan).
(1)   Main Memory (memory utama)
Komponen ini berfungsi sebagai pengingat, dalam hal ini yang disimpan memori dan dapat berupa data atau program, diantaranya:
·         Menyimpan data yang berasal dari piranti masukan sampai dikirim ke ALU atau CPU untuk diproses.
·         Menyimpan data hasil dari pemrosesan ALU sebelum di kirim ke piranti keluaran
·         Menampung program/intruksi yang berasal dari piranti masukan atau dari piranti pengingat sekunder

Memory dibedakan atas ROM dan RAM. Selain itu ada pula memory yang di sebut cache memory.

ROM(Read Only Memory) merupakan jenis memori yang isinya tidak hilang walaupun arus listrik terputus dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca.

ROM BIOS biasa disebut dengan BIOS (Basic Input/Output Sistem). Intruksi dalam BIOS akan dijalankan oleh microprocessor ketika komputer mulai dihidupkan.

RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat berganti-ganti (bisa dibaca dan ditulisi) selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat mengingat data selama arus listrik tidak terputus. Jika arus listrik terputus informasi dalam RAM akan hilang.

RAM berfungsi sebagai penyimpan dan mengambil data dengan cepat. Cache memory merupakan memory yang memiliki kecepatan sangat tinggi, yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU.

(2)   Backing Storage
Backing Storage juga disebut penyimpan cadangan merupakan penyimpan semua informasi non aktif di dalam kompouter, penyimpanan ini dibedakan atas serial acces contohnya tape drive dan direct acces contohnya disk magnetic (hardisk), floppy disk (disket), CD/DVD ROM dan sebagainya

c. Mother board
Motherboard terkadang disebut sistem board, main board dan plannar. Komponen ini terdiri atas sejumlah komponen yang terpasang secara menetap (tak bisa dilepas) dan slot-slot atau socket untuk memasang komponen yang dapat dilepas, misalnya sound card, i/o card, cip mikroprosesor dan cip ram. Ada beberapa motherboard yang telah dilengkapi dengan i/o yang tidak dapat dilepas yang dikenal onboard.

Slot-slot motherboard memungkinkan pemakai melakukan ekspansi atau melakukan upgrade, istilah ekspansi merupakan meningkatkan kemampuan komputer dengan cara menambahkan komponen-komponen tertentu untuk melakukan tugas-tugas yang tak tercakup pada sistem sebelumnya
d.Catu Daya
Catu daya (power supply) berfungsi sebagai pemasok listrik dalam rangkaian komputer.
Masukan komponen ini berupa arus listrik bolak-balik (AC) selanjutnya catu daya mengonversi arus bolak-balik menjadi arus searah (DC), arus searah inilah yang sesungguhnya digunakan oleh komponen-komponen dalam komputer. Catu daya dapat di hidupkan dan dimatikan melalui tombol On-Off yang terdapat di bagian depan casing
komputer.

3.      Perangkat Keras Keluaran
a.     Monitor
Monitor merupakan piranti atau peripheral yang termasuk dalam softcopy. Ukuran monitor sama seperti ukuran telivisi, yakni didasarkan pada panjang diagonal dari area yang dapat kita lihat. Untuk ukuran monitor desktop yang saat ini berukuran 14”, 15”, 17”, 19” dan 21” untuk ukuran laptop yakni 12.1”, 13.3”, dan 14.1”

Untuk ukuran resolosi di tentukan jumlah piksel (picture element) yang merupakan titik terkecil penghasil tampilan layer. Misalnya resolosi 1.024 x 768 berarti monitor mengandung 1.024 baris piksel dan 768 kolom piksel, dengan kata lain junlah piksel yang tersusun di monitor sebesar 1.024 x 768 buah. Semakin besar resolosinya maka semakin bagus kualitas gambar atau tampilan monitor. Berdasarkan pembuatannya monitor terbagi atas :

(1)   Monitor CRT (Cathode Ray Tube)
Monitor CRT memiliki layar yang terbuat dari tabung hampa, sama seperti tabung telivisi hal ini membuat monitor CRTmemiliki ukuran relative besar bila dibandingkan dengan monitor LCD
(2)   Monitor Layar Datar (Flat Panel Display)
Menurut jenisnya Layar datar terbagi atas : LCD, EL dan Plasma. Monitor Layar LCD memanfaatkan dua keeping bahan yang terpolarisasi dengan ditambah cairan krystal diantara kepingan tersebut. sinyal listrik yang dilewatkan melalui melalui cairan kristal akan membuat kristal di dalamnya akan mencengat cahaya yang lewat. Oleh karena itu tampilan LCD jenis monochrome biasanya berupa citra berwarna biru atau gelap dengan latar belakang abu-abu muda. Jenis LCD berwarna menggunkan dua jenis teknik untuk menghasilkan warna yaitu passive matrix dan active matrix

b.     PRINTER
Printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk membuat cetakan pada kertas, berdasarkan teknologi pencetakannya prnter dikelompokkan manjadi :
(1)    Impact
Printer jenis ini sering disebut hammer, karena pencetakannya delakukan dengan memukul sekelompok pin (jarum) ke pita tinta. letak pin sangat berdekatan sehingga membuat tampilan huruf relatif tidak terputus. Jumlah pin berkisar antara 9 hingga 24 pin, semakin banyak junlah pin maka semakin halus tulisannya, keunggulan printer ini terletak pada kemampuan mencetak dengan kertas rangkap yang tidak bisa dilakukkan printer lain, yang termasuk printer jenis ini diantaranya :
·         Dot Matrix (printer yang menggunakan kepala cetak berupa sekumpulan pin)
·         Daisy Wheel (printer yang menggunakan roda yang berisi karakter-karakter)
·          Line Printer ( printer yang mencetak satu baris perwaktu)



(2)    Thermal
Printer thermal merupakan pilihan terbaik bagi keluaran yang cetakan berwarna dengankualitas tinggi. Cetakan berwarna printer thermal memerlukan kertas berlapis lilin atau parafin, dan panas akan membakar titik-titik pada kertas khusus tersebut sehingga hasil cetakannya pun bagus. Untuk cetakan hitam putih, printer thermal tidak memerlukan kertas khusus bisa dengan kertas biasa

(3)    Ink-Jet
Printer Ink-Jet adalah printer yang memberikan cetakan dengan cara menyemprot titiktitik tinta yang bermuatan listrik ke kertas cetakan, printer ini bisa digunakan untuk cetak berwarna atau hitam putih, mencetak pada kertas biasa atau pad plastic untuk bahan presentasi.

(4)    Laser
Printer Laser yang memberikan hasil yang terbagus, printer ini dirancang untuk komputer Mainframe karena memiliki kecepatan sekitar 229 hal per menit, sedangkan untuk komputer PC dengan kecepatan 4 sampai 25 hal per menit.


(5)    Multifungsi
Printer multifungsi merupakan jenis printer yang memiliki berbagai fungsi, misalnya digunakan untuk : fotocopy, scanner, bahkan ada bisa untuk fax

c.      SCANNER
Scanner merupakan perangkat keras masukan yang berfungsi untuk memindah suatu obyeksehingga menghasilkan gambar elektronik dengan menggunakan sinar yang terlihat atau radiasi elektromagnetik lain seperti sinar laser. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan sebuah obyek diatas kaca scanner,


4.      Perangkat Keras Penyimpanan
Perangkat keras penyimpanan berfungsi sebagai tempat menyimpan data informasi dan program secara permanen agar dapat dikembalikan kembali oleh komputer setiap saat dibutuhkan, perangkat keras yang termasuk ini diantaranya :

a.      Harddisk
      Harddisk terbuat dari lempengan (piringan) yang dilapisi dengan material yang dapat di magnetik pada kedua sisinya. Harddisk dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar dan dapat dipanggil kembali pada waktu yang singkat

b.      Floppy disk
      Floppy disk adalah piringan yang fleksibel yang terbuat dari mylar yang dilapisi dengan zat ferro oksida. Karena piringan ini bersifat sangat tipis dan dilapisi plastic, alat ini lebih di kenal dengan disket, disket hanya mampu menyimpan data dengan ukuran terbatas.

c.       Magneto-optical
      Magneto-optical (MO) adalah gabungan dari drive magnetic dan optic, dimana data ditulis ke dalam media penyimpanan dengan bantuan sinar laser dan head magnetic. Perangkat ini tidak popular dalam masyarakat pengguna komputer

d.      Optical disk
      Media penyimpanan optikal dengan menggunakan sinar laser untuk menulis dan mengambil data. Teknologi ini sama dengan yang digunakan pada teknologi audio VCD karena isinya bersifat permanent dan tidak dapat dirubah dan dihapus, yang dinakan CD-ROM (compact disc-read only memory).

e.   CD-R dan CDRW
      Namun, sesuai dengan perkembangan jaman, sekarang banyak pilihan keeping CD yang dapat ditulis dan dihapus unutk dipakai lagi yang disebut CD-R (compact disc-recordable). dan CDRW (compact disc- recordable writeable).

f.    Memory
      Memory adalah mekanisme penyimpanan data yang digunakan oleh computer. Dalam computer semua data terdiri dari serangkaian angka, komputer menyimpan angka-angka tersebut dalam memory untuk kemudian digunakan.


      Memory dalam komputer dibagi menjadi ;
·         Memoy Internal
Internal memory beroperasi pada kecepatan yang sangat tinggi dan dapat diakses secara langsung oleh CPU, internal memory terkandung di dalam chip computer dan menggunakan IC untuk menyimpan data. internal memory dibagi yaitu ROM dan RAM
·         Memory ekternal
Memory ekternal juga disebut sebagai media penyimpanan ekternal, penggunaan memory ekternal pada dewasa ini sangat popular digunakan, yaitu yang disebut flash disk atau flash drive yaitu memory yang dapat pasang dan dicabut dengan mudah





PROSES KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

A. PROSES KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Teknologi informasi (Information Technology) biasa disebut TI, IT atau infotech.
Menurut Haag dan Keen, 1996, teknologi informasi merupakan seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi,

Menurut Martin, 1999, teknologi informasi tidak hanya terbatas pada tekologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melaikan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Menurut Williams dan Sawyer 2003, teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

Dari definisi diatas bahwa teknologi informasi tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi, dengan kata lain bahwa teknologi komunikasi merupakan gabungan antara teknologi komputer dengan tenologi telekomunikasi.

a.   TEKNOLOGI KOMPUTER

Teknologi Komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, misalnya printer, pembaca sidik jari, CD-ROM,

Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.

Program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer, sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.

Data adalah bahan mentah bagi informasi yang dapat berupa angka, huruf maupun gambar suara, sedangkan informasi adalah bentuk data yang diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambil keputusan.

b.  TEKNOLOGI TELEKOMUNIKASI

Teknologi telekomunikasi atau sering disebut teknologi komunikasi merupakan teknologi yang
berhubugan dengan komunikasi jarak jauh, seperti telepon, radio dan televisi

Teknologi informasi tidak harus secara spesifik berupa komputer yang terhubung ke komputer lain melaluai alat telekomunikasi, tetapi juga dapat berupa peranti seperti ponsel ataupun berupa
peralatan elektronika lain yang berhubungan dengan penyajian informasi (misalnya telivisi).
Hal yang terpenting adalah bahwa teknolgi informasi itu melibatkan komputer dan telekomunikasi.

Yang dimaksud dengan sistem teknologi informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Suatu sistem teknologi informasi pada dasarnya tidak hanya mencakup hal-hal yang bersifat fisik seperti kopumter, printer tetapi juga mencakup hal yang tidak terlihat secara fisik yaitu: software dan yang lebih penting adalah orang.

1. Sistem Komputer

Tujuan pokok dari sistem komputer atau sistem teknologi inforamasi adalah mengolah data untuk menghasilkan suatu informasi. Agar tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah software, hardware dan brainware :
  • Hardware (perangkat keras) merupakan peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
  • Software (perangkat lunak) merupakan program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data
  • Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

Ketiga elemen tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan untuk menghasilkan informasi. Apabila hardware tanpa adanya software maka tidak akan berfungsi untuk menghasilkan informasi, begitu juga hardware yang sudah ada softwarenya tetapi tidak ada
brainwarenya (user) maka tidak akan menghasilkan informasi yang diharapkan.

Dalam pemrosesan pengolahan data terdiri dari 3 tahap dasar, yang lebih dikenal dengan siklus
pengolahan data (data processing cycle) yaitu input, processing dan output.
INPUT
 
 

 

 

 

 


Input, merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input
device)

Processing, merupakan proses pengolahan data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh
pemroses (Processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan,
mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalkan dan sebagainya.

Output, merupakan proses menghaslkan output dari hasil pengolahan data kea lat output (output
device) yaitu berupa informasi

Dalam proses kerja komputer sangat menakjubkan adalah kecepatannya, komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan, pernambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millesecond, microsecond, nanosecond atau picosecond.(10-12  detik)

Komputer yang paling cepat dapat melakukan operasi dalam waktu picosecond. Misalnya manusia dalam melakukan suatu perhitungan pertambahan dalam waktu 1 detik, bila kecepatan komputer adalah picosecond, 1 detik operasi pertambahan yang dilakukan komputer akan diselesaikan oleh manusia dalam waktu 1 trilyun detik atau 31709 tahun

Kemampuan komputer yang lain adalah ketepatanya, kalau manusia lelah maka mentalnya
akan luluh (mental fatique) yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan, misalnya manusia melakukan perhitungan 1000 kali tanpa henti, kalau dilakukan terus-menerus tanpa henti maka akan sering melakukan kesalahan, sebaliknya pada komputer, karena tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah, maka komputer tidak akan mengalami kesalahan.

Komputer akan mengalami kesalahan apabila ;
  • Komponennya rusak
  • Data yang dimasukkkan salah, maka hasilnya akan salah

dan disamping komputer mempunyai kecepatan dan ketepantan dalam beropersi, juga kemampuan lain yaitu mempunyai ingatan (memory) yang besar.

Walaupaun kelihatannya komputer lebih unggul dari manusia tetapi ada beberapa hal yang tidak bisa menyamai manusia, manusia mempunyai inisiatif dan dapat beradaptasi dengan situasi tertentu. Sedangkan komputer tidak dapat melakukan hal tersebut, juga yang lain menusia mempunyai perasaan sedangkan komputer tidak mempunyai perasaan.

2. Peranan Teknologi Informasi
Peranan teknologi informasi pada masa sekarang tidak hanya dipergunakan bagi organisasi,melaikan juga untuk kebutuhan perorangan. Bagi organisasi teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif, sedangkan bagi perorangan, teknologi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk mencari pekerjaan.

Teknologi informasi bisa dikatakan telah merasuki kesegala bidang, ke berbagai lapisanmasyarakat. Pada masa sekarang ponsel dengan kemampuan mengambil inforamsi dari internet telahmenjadi barang yang biasa dipakai orang untuk berkomunikasi, yang menjadikan jarak seperti tak terasa.

B. FUNGSI DAN CARA KERJA JARINGAN TELEKOMONIKASI

Dewasa ini komputer tunggal telah digantikan dengan komputer jaringan agar bisa menjalankan banyak tugas. Penggunaan beberapa komputer yang dihubungkan oleh jaringan komunikasi untuk
pemrosesan disebut pemrosesan terdistribusi. Kebalikannya pemrosesan terpusat adalah pemrosesan yang dijalankan oleh sutu omputer besar. Pada pemrosesan terdistribusi, tugas-tugas pemrosesan terbagi atau didistribusikan kepada PC, komputer menengah, mainframe yang saling terhubung.

Satu bentuk pemrosesan terdistribusi yang banyak digunakan adalah komputasi klien/server.
Komputasi klien/server ada pada jaringan, namun masing-masing mesin diarahkan untuk menjalankan fungsi yang paling sesuai untuknya. Klien menjalankan fungsi poin-masukan dari pengguna, dan biasanya merupakan komputer kecil, workstation atau laptop. Pengguna berinteraksi secara langsung hanya pada bagian klien dari aplikasi yaitu meng-input data atau mengambil data untuk dianalisis.

Server menyediakan jasa bagi klien. Server bisa berupa komputer mainframe atau komputer menengah, namun biasanya berfungsi khusus untuk menyimpan dan mengolah data, serta berfungsi back-end yang tidak bisa dilihat oleh pengguna seperti mengelola aktivitas jaringan.

Jaringan komputer (computer network) atau sering disebut jaringan merupakan hubungan dua
buah simpul (umunya berupa kompuer) atau lebih, yang ditujukan untuk melakukan pertukaran dataatau untuk melakukan bagi pakai perangkat lunak, perangkat keras dan bahkan berbagi kekuatan pemrosesan.

Berikut ini mafaat pengunaan jaringan komputer adalah :

1.      Berbagi perangkat keras
Perangkat keras semacam hard disk, printer, CD-ROM drive dan bahkan modem dapat digunakanoleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Piranti cukup di pasang pada sebuah komputer atau yang dihubungkan ke suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya, cara seperti ini dapat menghemat biaya.
2.      Berbagi program dan data
Program atau data dapat disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server (melayani komputer-komputer yang membutuhkan informasi, baik program atau data). penempatan data pada server juga memberikan keuntungan yaitu dapat menghidari duplikasi data dan ketidak konsistenan, data disimpan secara terpusat pada sebuah komputer bukan pada komputer pemakai sehingga tidak terjadi duplikasi data, apabila ada perubahan data oleh seseorang maka akan segera diketahui oleh orang lain.
3.      Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya jaringan komunikasi informasi dapat dilakukan lebih cepat, para pemakai kumputer dapat bertukar atau mengirim informasi dengan mudah dan bahkan dapat mengirim tulisan secara langsung (chating) ataupun telekonferensi.
4.      Memudahkan pengaksesan informsi
Dengan jaringan komputer memudahkan dalam mengases program, data atau informasi yang ada pada server.

Dilihat dari teknologi yang digunakan dan luas area geografis yang dicakupnya, secara umum
jaringan komputer dapat digolongkan menjadi beberapa macam, diantaranya :

1        LAN (Local Area Network)
LAN merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung, perkantoran yang berukuranbeberapa kilometer, LAN sering kali untuk digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi atau workstation dalam kantor suatu perusahaan untuk memakai secara bersamasumberdaya (resoude, misalnya printer) dan saling bertukar informasi. LAN merupakan sistem jaringan komputer untk menjalin komunikasi data antara satu komputer dengan banyak komputer yang dihubungkan paling sedikit dengan satu server sebagai pengatur jalanya lalulintas komunikasi data dalam jaringan.

2        MAN (Metropolitan Area Network)
MAN pada dasarnya merupakan versi dari LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, MAN dapat mencakup beberapa kantor yang letaknya bedekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum, MAN juga mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhungan dengan jaringan telivisi kabel.


3        WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jaringan komputer yang mecakup area yang sangat luas dari segi geografis, WAN dapat mencakup sebuah Negara atau benua, Wan ini terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang betujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4        Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang sangat besar yang dapat mencakup seluruh dunia, internet adalah jaringan komputer independent yang dihubungkan satu dengan yang lainnya, jaringan ini dapat terdiri dari lembaga-lembaga pendidikan, pemerintahan, perusahaan dan lainya.



1. MEDIA TRANSMISI

Media tranmisi juga dikenal dengan sebutan media komunikasi, adalah media yang digunakan sebagai penghubung antara pengirim dan penerima, untuk melintaskan isyarat. Media ini di kelompokkan menjadi dua yaitu ;
  • Media berkabel (bounded media/gueded media/hard media)
  • Media tak berkabel (wireless media/unbounded media/unguided media/soft media)




A. Media Berkabel (wired)
Media berkabel adalah media transmini yang menghubungkan penerima dan pengirim yang secara fisik dengan menggunakan kabel sebagai penghubung, yang termasuk transmisi ini adalah:

1. Kabel Pasangan Terpilin (twisted pair cable)
Kabel pasangan terpilin biasa disebut kabel telepon, karena biasa dipakai untuk saluran pesawat
telepon. Setiap dua kabel (disebut sepasang) saling dipilin dengan tujuan untuk mengurangi
interferensi elektromagnetik terhadap kabel lain atau terhadap sumber eksternal. Kabel ini
terdiri dari atas 2 atau 4 pasang kabel yang diselubungi penyekat (isolator)
Macam kabel pasangan terpilin :
·         UTP (unshielded twisted pair)
·         STP (shielded twisted pair)

2. Kabel Koaksial (coaxial cable atau coax)
Kabel koaksial mengandung penghantar yang terbuat dari tembaga pada bagian inti. Penghantar ini diselubungi dengan penyekat (isolator) serta diselubungi dengan ayaman kawat, selanjutnya ayaman kawat dibungkus dengan penyekat. Kabel koaksial biasa digunakan untuk koneksijaringan local, koneksi TV kabel atau antenna TV. Kecepatan data berkisar 100 Mbps sampai 2,4 Gbps

Jenis-jenis kabel koaksial adalah :
·         RG-8, digunakan untuk thick Ethernet
·         RG-9, digunakan untuk thick Ethernet
·         RG-11, digunakan untuk thick Ethernet
·         RG-58, digunakan untuk thin Ethernet
·         RG-59, digunakan untuk telivisi


a. Kabel Serat Optik

Kabel serat optik ini berbeda dengan yang lain, karena kabel serat optik membawa isyarat data dalam bentuk berkas cahaya, kabel ini biasa digunakan pada LAN berkecepatan gigabite per detik. Perlu diketahui cahaya mempunyai kecepatan 300.000 km/detik dalam ruang hampa. Kecepatan cahaya dalam media tranmisi tergantung pada kepadatan media , semakin padat maka semakin lambat.


Sistem transmisi serat optik ini mempunyai 3 komponen yaitu :
  • Sumber cahaya
  • Media transmisi
  • Detector cahaya

Saat ini terdapat tiga teknologi serat optik
  • Multimode step-index
  • Multimode graded-index
  • Single-mode

Keuntungan kabel serat optik bila dibandingkan dengan yang lain yaitu:
  • Memiliki lembar-jalur yang lebih besar, dengan begitu kabel serat optic menangani volume data yang besar atau mendukung kecepatan
  • Lebih ringan dan kecil
  • Tidak terinterferensi olek elektromagnetik dan tidak terjadi cakap silang antar serat optic

B. Media Tak Berkabel (wireless)
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menghubungkan kabel, misalnya orang yang ingin mendapatkan informasi yang sedang berada diatas mubil atau pesawat, maka jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin digunakan. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah mulai marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yan lebih
cepat dibandingkan dengan jaringan menggunakan kabel Media tak berkabel adalah media transmisi yang tidak menggunakan kabel, yang termasuk dalam media ini adalah :


1. Gelombang Mikro (microwave)
Gelombang mikro  merupakan bentuk radio yan menggunakan frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), yang melimputi kawasan UHF, SHF dan EHF. Mikrogelombang biasa disebut tranmisi garis-pandang (line of sight) disebabkan antara pengirim dan penerima harus dalam keadaan garis pandang.

Sifat ini didasarkan karateristik frekuensi yang digunakan, dengan gelombang
frekuesi diatas 100 MHz akan menjalar dengan arah arus. Jarak tranmisi biasanya terbatas pada
20-30 Km, karena factor kelengkungan bumi. Jika ingin lebih dari jarak tersebut maka perlu
adanya penambahan repeater.
Mikrogelombang banyak pakai pada sistem jaringan MAN, warnet dan penyedia layanan
internet (ISP)
Kelemahan Mikrogelombang yakni, rentan terhadap cuaca, hujan dan terpengaruh terhadap
pesawat tebang yang melintas diatasnya.

2. Satelit
Satelit sebenarnya juga menggunakan gelombang mikro hanya saja satelit digunakan sebagai
stasiun relay yang berada diangkasa, dengan ketinggian kira-kira 480 – 22.000 mil di atas pemukaan bumi.

b. Gelombang Radio
Tranmisi dengan menggunakan gelombang radio dapat digunakan untuk mengirimkan suara ataupun data, kelebihan tranmisi ini adalah mengirmkan isyarat dapat dapat dilakukan dengan sembarang posisi (tidak harus lurus pandang) dan bisa dimungkinkan dalam keadaan bergerak.

Frekuensi yang digunakan anatara 3 KHz sampai 300 GHz., salah satu contoh yang menggunakan gelombang radio seperti Pager, Telepon Seluler, Bluetooth, WiFi, Home RF, Pesawat Radio, Pesawat TV dll.

Bluetooth yang dirancang untuk mengantikan kabel yang menghubungkan PC ke printer dan PDA atau telepon tanpa kabel WiFi dirancang agar mesin-mesin dalam kantor berkomunikasi dengan kecepatan tinggi dan berbagi hubungan internet dengan jarak sampai 300 kaki, standar ini dikenal dengan sebutan IEEE 802.1b

HomeRF merupakan teknologi yang dirancang untuk menghubungkan PC-PC dalam rumah
dengan jarak sapai 150 kaki.

c. Infra Merah
Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat, dengan kecepatan 4 Mbps, dalam
penggunaanya untuk pengendalian jarak jauh misalnya (remoute control) pada televisi serta alat
elektronik lain.

Kini inframerah digunakan sebagai media transmisi pada LAN, juga menghubungkan mouse
pada komputer
Keuntungannya :
  • Kebal terhadap interferensi radio dan elekromagnitik
  • Inframerah mudah dibuat dan murah
  • Instlasi mudah
  • Mudah dipindah-pindah
  • Keamanan inframerah lebih tinggi dari pada gelombang radio

 

Kelemahannya :

  • Jarak terbatas
  • Infra merah tak dapat menembus diding
  • Harus adal lintasan lurus dari pengirim dan penerima
  • Tidak dapat digunakan di luar ruangan, karena akan terganggu oleh cahaya matahari


2.  TOPOLOGI JARINGAN
Topologi jaringan merupakan susunan komputer secara fisik dalam suatu jaringan, berbagai macam topologi diantarnya : bintang, cicin, bus, pohon, lengkap dan tak beraturan, seperti pada gambar berikut :


a. Topologi Star

Pada topologi ini terdapat komponen yang sebagai pusat pengontrol, semua simpul yang
hendak berkomunikasi selalu melaui pusat pengontrol tersebut, dalam hal ini pusat pengontrol
berupa hub atau switch

Kelebihan topologi bintang anatara lain :
  • Mudah dikelola dan dihubungkan (penyebab kegagalan mudah untuk diketahui)
  • Kegagalan pada sebuah komputer tidak terpengaruh pada seluruh jaringan

Kelemahannya antara lain ;
  • Kegagalan pada pusat pengontrol akan meyebabkan ke gagalan jaringan secara keseluruhan
  • Jika pusat pengontrol berupa hub (bukan berupa switch) kecepatan tranmisi menjadi lambat

b. Topologi Cincin

Topologi ini dengan sisitem informasi akan dikirim melalui sebuah komputer ke komputer berikutnya. Kelemahan topologi ini terletak pada kegagalan salah satu simpul, jika ada salah satu
simpul mengalami kegagalan maka semua hubungan akan terputus.

c. Topologi Bus

Topologi ini semua simpul dihubungkan melalui kabel yang disebut bus, kabel yang
digunakan berjenis koaksial.

Topologi bus mempunyai kelemahan yaitu :
  • Jika kabel utama (bus) putus, maka semua komputer tidak bisa berhubungan
  • Jika kabel utama panjang dan terjadi gangguan maka untuk mencari kesalahan mengalami kesulitan mencari penyebabnya
  • Jika komputer banyak yang aktif dan saling bertukar informasi, maka akan terjadi tabrakan sehingga mengakibatkan kecepatan pengiriman data berkurang

Kelebihannya adalah :
  • Instalasi mudah
  • Biaya murah

d. Topologi Pohon

Topologi pohon merupakan pengembangan dari topologi bintang, dengan salah satu simpul
menjadi pengontrol bagi sejumlah simpul yang berada dibawahnya.

Topologi ini bisa digunakan pada jaringan lan mengingat kemudahan untuk melakukan ekspansi
dan mengurangi keruwetan kabel. Dengan menggunakan hub tambahan, sejumlah komputer (piranti yang lain) dapat dihubungkan dengan mudah.