A. MENGENAL KOMPUTER
1. Pengertian Komputer
Istilah komputer mempunyai arti luas, kata komputer berasal dari bahasa
latin yatu computare yang artinya menghitung, dalam bahasa inggris di sebut to
compute. Secara difinisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat
elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data
(proses) dan memberikan informasi (output) yang terorganisasi dibawah kontrol
program yang tersimpan dalam memory
Menurut Robert H. Bilssmer 1985, komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan
beberapa tugas yaitu menerima input memproses input sesuai dengan intruksi yang
diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta
menyediakan output dalam bentuk informasi.
Menurut Donald
H. Saders 1985, komputer merupakan suatu
sistem elektronik yang mampu memanipulasi data yang cepat dan tepat serta
dirangcang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data
input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan intruksiintruksi yang
telah tersimpan di dalam memory.
Menurut VC.
Hamacher ZG, komputer merupakan mesin
penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital,
memproses sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memory (stored program) dan menghasilkan output informas
Menurut
William M Fuori, komputer merupakan suatu
pemroses data (data processor) yang
dapat melakukan
perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar
atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama
pemrosesan.
Menurut Gordon
B. Davis, komputer merupakan tipe khusus alat penghitung yang
mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Dari beberapa difinisi
tersebut diatas, bahwa komputer adalah :
·
Alat elektronik
·
Dapat menerima input data
·
Dapat mengolah data
·
Memberkan informasi
·
Menggunakan suatu program yang tersimpan di memory komputer (stored
program)
·
Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
·
Bekerja secara otomatis
Sedangkan yang disebut program
adalah kumpulan dari beberapa intruksi atau perintah
terperinci yang sudah
disiapkan agar komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah
ditentukan.
Secara umum sistem
komputer terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk suatu
satu kesatuan untuk melaksankan tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem
komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu
didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware),
perangkat lunak (software), dan brainware.
2. Klasifikasi Komputer
Terdapat banyak tipe
komputer yang sangat bervariasi dalam ukuran, biaya, daya kumputasi,
dan tujuan penggunaannya.
Komputer yang paling umum
adalah Personal Computer, yang digunakandi sekolah-sekolah, kantor,
rumah-rumah. Personal Computer merupakan bentuk paling umum dari komputer
desktop.
Komputer
desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display
visual dan unit output audio dan keyboard yang ditempatkan secara mudah di meja
kantor atau rumah. Media penyimpanan tersebut berupa harddisk, CD-ROM, dan
disket atau flashdisk.
Komputer notebook
portable adalah versi
ringkas dari personal komputer dengan semua komponennya terpaket dalam satuunit
tunggal seukuran koper tipis.
Supercomputer digunakan untuk perhitungan numeric skala besar
seperti perkiraan cuaca, desain dan simulasi pesawat terbang. Dalam sistem
enterprice, server dan supercomputer, unit
fungsionalnya yang banyak
processor, dapat terdiri dari sejumlah unit besar dan sering kali terpisah.
a. Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah
Berdasarkan data yang diolahnya komputer dapat
digolongkan kedalam tiga golongan yaitu :
(1) Komputer Analog
Komputer Analog,
yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontiyu dan bukan
data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik misalnya alat hitung ;
arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dan sebagainya
(2) Komputer Digital
Komputer Digital, digunakan untuk mengolah data
kuantitatif (huruf, angka, kombinasi angka dan huruf, karakter-karakter khusus)
dan memerlukan bahasa perantara, misalnya Komputer PC, Laptop dll
Keunggulan
dari komputer digital adalah
·
Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan computer analog.
·
Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan untuk diproses
(3) Komputer Hybrid
Komputer Hybrid, merupakan kombinasi antara komputer
analog dengan komputer digital, misalnya
faxcimile dll
b. Komputer Berdasarkan Penggunaanya
Berdasarkan penggunaanya komputer digolongkan menjadi
;
1.
Special-Purpose Komputer (Komputer untuk pemakaian khusus)
Komputer
ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, biasanya
hanyaberupa satu masalah saja, komputer ini dapat berupa komputer digital atau
komputer analog, dan umumnya komputer analog adalah special-purpose komputer.
Komputer ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada
proses-proses industri
2.
General-Purpose Komputer (Komputer untuk pemakaian yang umum)
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam masalah, dapat
menggunakanbeberapa program yang dapat menyelasaikan jenis permasalahan yang
berbeda, karenakomputer ini tidak dirancang untuk masalah secara
khusus.misalnya aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan
dll
General-Purpose
Computer dapat berupa komputer digital maupun komputer analog, tetapi pada
umunya komputer digital adalah general-purpose computer
c. Komputer Berdasarkan Ukurannya
Komputer yang dibedakan berdasakan bentuk dan ukuran fisik dibedakan
atas ;
1. Tower (Menara),
2. Desktop (Meja)
3. Portable
4. Notebook
5. Subnotebook
6. Palmtop
d. Komputer Berdasarkan Processor
(1) Mainframe adalah
komputer yang processornya mempunyai kemampuan besar karena ditujukan untuk
banyak pemakai,
(2) Mini komputer adalah bentuk mini dari komputer mainframe, kalau mainframe memiliki
ribuan terminal komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin
ratusan terminal.
(3) Personal Computer adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu atau
lebih pemakaian program apilkasi pada saat tertentu.
3. PORT KOMPUTER
Fungsi dan Jenis-Jenis Port Pada Komputer
Port merupakan
colokan yang terpasang di bagian belakang case yang
berfungsi sebagai
penghubung antara komponen di dalam unit sistem dengan
piranti diluar, sebagai contoh, port untuk menghubungkan camera digital,
monitor, mouse,printer dsb.
Port dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu ; Port
Serial, Port Parallel, Port USB, port
SCSI, Port
Infra merah serta port-port yang lain
a. Port Serial
Biasa digunakan untuk melakukan tranmisi data yang
beroreintasi pada pengiriman sebuah bit per
waktu, kareana sifatnya demikian pegiriman data
berjalan agak lambat, biasanya digunakan untuk
mengoneksi piranti seperti : printer, mouse, modem,
PLC (programmable Logic controller),
pembaca kartu maknetik dan pembaca barcode. Port
ini sering dinyatakan dengan nama COM.
Konektor yang digunakan adalah RS-232C dengan 9 pin
atau 25 pin
b. Port Parallel
Port Parallel atau sering disebut port LPT bekerja
atas dasar 8 bit perwaktu, cocok untuk
pengiriman data dengan cepat, tetapi dengan kabel yang
pendek (tidak lebih dari 15 kaki).
Umumnya digunakan untuk printer parallel, hard disk
eksternal dan zip drive. Konektor yang
digunakan adalah DB-25 yang terdiri dari 25 pin
c. Port USB
Port USB merupakan port yang akhir-akhir ini sangat
populer digunakan, yang dapat digunakan
untuk menghubungkan berbagai piranti seperti camera
digital, printer, scanner, zip drive dan
sebagainya, port ini mempunyai kecepatan tinggi bila
dibandingkan dengan port serial maupun
port paralel
d. Port SCSI
Port SCSI adalah Small Compter Sistem Interface yang merupakan jenis port yang
memungkinkan koneksi antar piranti dalam bentuk
sambung menyambung. Port mempunyai
kecepatan tinggi, dengan kecepatan tranfernya 32 bit
per waktu, biasa digunakan untuk
menghubunkan hard drive, scanner, printer dan tape
drive, konektor yang digunakan adalah DB-
25 dan 50 pin Centronics SCSI.
e. Port Infra Merah
Port ini digunakan untuk mendukung hubungan tanpa
kabel, misalnya untuk menghubungkan
mouse yang menggunakan infra merah sebagai media
tranmisi, mengirim data dari ponsel, dan
sebagainya
f. Port-Port Lain
Banyak port lain yang tidak tergolong pada port-port
diatas, misalnya port untuk monitor, port
keyboard, port mouse, port speaker, port jaringan,
port dll
B. MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER SESUAI PROSEDUR
1. Prosedur Menghidupkan Dan Mematikan Komputer
Untuk mengoperasikan sebuah komputer,
perlu diperhatikan terlebih dahulu apakah seluruh komponen komputer terhubung
dengan baik melaui konektor-konektornya dan komputer terhubung pada power
supply listrik,
2. Proses awal strat
sebuah komputer dinamakan proses
booting, dalam proses ini program
dalam bios
akan memeriksa seluruh hardware yang terhubung dengan motherboard apakah sudah
siap untuk menjalankan tugas masing-masing atau ada yang mengalami kegagalan.
Dalam soal booting dikenal dengan dua macam booting yaitu :
a. Cold boot (booting dingin)
Booting dingin ini, yaitu mengaktifkan komputer dengan
melakukan langsung pada tombol
pawer on-off
b. Warm boot (booting panas)
Booting panas, dengan cara melakukan pada tombol
keyboard tombol Ctrl + Alt + Delete,
secara bersama-sama atau bisa dengan menekan tombol
reset pada casing komputer.
Ketika komputer sudah mulai menyala, maka BIOS
akan memeriksa semua hardware yang
terhubung dengan komputer. BIOS (Basic Input Output Sistem) adalah sebauh
chip kecil yang berisi program untuk mengenali kesiapan hardware, Selanjutnnya
proses diambil alih oleh operating sistem, yang mempersiapkan komputer untuk
menerima intruksi selanjutnya dari user (pengguna).
Menghidupkan dan mematikan komputer merupakan
pekerjaan awal yang perlu diperhatikan,
karena ini merupakan hal yang paling dasar untuk
melakukan tindakan selanjutnya, misalnya untuk membuat naskah, membuat gambar,
mengolah angka, membuat animasi dan lain sebagainya.
Untuk menghidupkan komputer tidak jauh beda dengan
peralatan elektronik yang lain,
misalnya radio atau televisi yaitu cukup menekan
tombol power On/Off siap untuk digunakan.
Jika kalau diperhatikan berikut perbedaan cara
menghidupkan dan mematikan computer dengan peralatan lain
Komputer |
Elektronik Lain |
Tombol power, juga terdapat tombol restart
|
Hanya tombol power saja
|
Terdapat perangkat keras dan perangkat
Lunak, kalau dinyalakan akan salaing
Menyesuaikan.
|
Hanya terdiri dari perangkat keras saja,
cara kerjanya terbatas, dihupkan maka
langsung bisa gunakan
|
Terdapat proses booting, yaitu proses
pengecekan perangkat keras dan pemanggilan
sistem operasi
|
Tidak terdapat proses booting
|
Penyebab kemacetan karena komponenkomponen
atau juga karena programnya
|
Kemacetan disebabkan kerusakan
komponen
|
Operasi pada komputer dengan menggunakan
bahasa pemograman
|
Tidak membutukan bahasa pemograman,
kalaupun ada hanya sebagaian kecil saja
|
Untuk mematikan dengan menghentikan
semua sistem, menutup semua program dan
shutdown
|
Mematikan, langsung dengan menekan
tombol power atau langsung memutus
aliran listrik
|
Sebelum kita menghidupkan komputer,
perhatikan terlebih dahulu perangkat komputer telahterpasang dengan benar.
Perhatikan kabel-kabel dan konektor lain yang semestinnya terpasang seperti
kabel-kabel Power CPU, Monitor, Printer dan sebagainya.
Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan komputer, diantaranya :
Bila menghidupkan komputer, pastikan
peralatan terpasang dengan benar. Menggunakan stabilizer atau UPS untuk
menghidari kerusakan yang disebabkan arus listrik yang tidak stabil
Pastikan arus listrik mencukupi bila menhidupkan
komputer, apabila arus listrik tidak kuat, maka akan berulang kali padam karena
kelebihan beban. Dan berpengaruah terhadap komputer.
Dan apabila sudah terpasang semua, maka bisa dimulai
untuk menghidupkan komputer, yang diawali dengan mengaktifkan tombol power
On-Off yang ada casing komputer kemudian menyalakan monitor untuk melihat
proses sampai dimana pelaksanaan booting, atau melihat proses Bios bekerja.
Setelah proses booting selesai maka komputer akan
menampilkan dekstop dengan wallpaper atau
background. Setelah menunggu beberapa
saat, windows akan menampilkan icon-icon yang bertebaran di halaman depan
wallpaper, setelah itu komputer siap untuk menjalankan program
aplikasi-aplikasi sesuai dengan kebutuhan, misalnya program pengolah kata,
program spreatsheet, aplikasi pemograman dan sebagainya

Setelah selesai menggunakan program aplikasi, maka
untuk me-nonaktifkan atau mematikan komputer, terlebih dahulu keluar dari
program apliksi yang telah digunakan, kemudian klik start pilih Shut Down,
Shut Down untuk menggunakan windows XP pilih start lalu Turn Off Computer, dilanjutkan. Turn Off. Setelah beberapa saat komputer akan mati dengan sendirinya (secara
otomatis) kita hanya mematikan layar monitor, biar lebih aman dilanjutkan
dengan mematikan tombol regulator tegangan listrik bila ada.
Bila mengaktifkan dan mematikan komputer
seperti yang dilakukan seperti diatas maka akan mengawetkan komputer, maksudnya
komputer tidak akan cepat rusak akibat kesalahan mematikan atau menghidupkan
komputer, bagaimanapun canggihnya sebuah komputer bila sering mematikan dengan
sembarangan maka usia komputer itu tidak akan bertahan lama.
Apabila sering terjadi kesalahan dalam hal
mematikan komputer akan mengakibatkan diantaranya, hardware dan software
sering mengalami trouble, karena pada saat menjalankan program, piringan pada
harddisk dalam keaadaan berputar dan head menempel
pada platter (piringan),
bila komputer tersebut dimatikan secara tiba-tiba dan arus listrik terputus,
maka piringan yang berputar tersebut akan berhenti secara tiba-tiba pula dan
terjadi gesekan yang keras pada head. Akibatnya terjadi kerusakan pada piringan
yang menyebabkan hilangnya beberapa data, dan bila kebetulan data yang hilang
tersebut data program/sistem maka programnya pun ngak bisa dijalankan.
C.
KONSEP DASAR PERANGKAT LUNAK
Perangkat keras komputer tidak akan dapat berbuat-apa
tanpa adanya perangkat lunak, teknologi yang canggih dari perangkat keras akan
berfungsi bila intruksi-intruksi tertentu telah diberikan kepadanya,
intruksi-intruksi tersebut dinamakan dengan perangkat lunak (software).
Intruksi-intruksi perangkat lunak ditulis manusia untuk mengaktifkan fungsinya
dari perangkat keras komputer.
Intruksi-intruksi yang ditulis oleh
pembuat program dilakukan dengan menggunakan bahasa pemograman tertentu.
Seperti telah diketahui bahwa komputer hanya mengenal sinyal elektronik, yang
dalam kode binear diwakili dengan nilai 1 dan 0. demikian juga seharusnya
intruksi-intruksi
yang ditulis harus dalam bentuk binary dan akan
membuat frustasi si pembuat program. Untuk mengatasi hal ini, maka
intruksi-intruksi dapat dibuat dengan suatu bahasa pemograman tertentu dan
diterjemahkan ke bahasa mesin yang dimegerti oleh komputer dengan suatu
perangkat lunak yang disebut dangan language software
Dalam sistem pengolahan data dengan bertujuan untuk
menyelesaikan suatu masalah-masalah tertentu dengan cara mengolah data yang ada
dengan menggunakan suatu program yang ditulis oleh pemogram komputer (programmer). Program yang ditulis ini dengan menggunakan bahasa pemograman yang
disebut dengan perangkat lunak aplikasi (application software)
Menurut Prof. Dr. Jogianto, dalam bukunya membedakan perangkat lunak
dikategorikan ke
dalam tiga
bagian, yaitu :
1. Perangkat lunak sistem
operasi (operating sistem), yaitu program
yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan dari sistem
komputer
2. Perangkat lunak bahasa
(language software) yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan
intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman ke dalam bahasa mesin
agar dapat dimengerti oleh komputer
3. Perangkat lunak
aplikasi (aplikaton software) yaitu program
yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesakan suatu
aplikasi tertentu.
Perangkat lunak sesungguhnya adalah program, sebagaimana telah
anda ketahui, program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk
mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang
dikehendaki oleh pembuatnya. Dalam hal ini pembuatnya telah mengatur komputer
sehingga komputer memenuhi kebutuhan pemakai, program umumnya dibuat
oleh vendor perangkat lunak (misalnya Microsoft)
ataupun perorangan. Tentu saja, jika anda menguasai salah satu bahasa
pemograman, anda bisa membuat program yang anda kehendaki.
Sedangkan menurut Abdul Kadir dan
Terra CH dalam bukunya, perangat lunak di kelompokkan berdasarkan fungsinya
menjadi ;:
1. Perangkat Lunak
Aplikasi (aplikastion
software) adalah program yang bisa dipakai oleh pemakai untuk
melakukan tugas-tugas yang spesifik; misalnya untuk membuat dokumen, manipulasi
foto, membuat laporan keuangan dan sebagainya
2. Perangkat Lunak Sistem
(sistem software) juga disebut perangkat lunak pendukung atau support
software adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer,
misalnya : CPU dan piranti masukan/keluaran. Kedudukan program ini adalah
sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer,
misalnya perangkat lunak sistem yaitu sistem operasi windows dan linux
Perankat lunak aplikasi dapat kelompokkan menjadi ;
1. Perangkat Lunak Hiburan
Perangkat lunak hiburan mencakup program-program
permainan, program untuk memainkan musik, untuk memaikan film dll, misalnya
Winamp, windows midia player
2. Perangkat Lunak
Pendidikan
Perangkat lunak pendidikan berguna untuk mempelajari
atau mereferensi pengetahuan misalnya program kamus, pelajaran ilmu
pengetahuan, pelajaran bahasa asing dll
3. Perangkat Lunak Produktivitas Kerja
Perangkat lunak ini untuk meningkatkan produktifitas
kerja misalnya program word processing, spreadsheet, presentasi grafik, dekstop
publishing dsb, misalnya Ms. Word, Ms. Excel
4. Perangkat Lunak Bisnis
Perangkat lunak bisnis untuk menagani aplikasi bisnis,
misalnya berupa program untuk menagani persedian barang (inventory control) program keuangan, sistem akademik dll
5. Perangkat Lunak Khusus
D. PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Empat komponen utama sebuah sistem komputer adalah input devices,
central processing (CPU), backing storage (storage devices) dan output
devices.
Input devices dan output devices di kelompokkan dalam satu
bagian yang disebut peripheral yang terletak di sisi luar casing
komputer.
CPU dan backing storage dikelompokkan sebagai komputer dan biasa terletak di
dalam casing utama komputer.
Perangkat keras ini,
dikelompokkan menjadi :
1. Perangkat Keras Masukan (Input Device)
Input Device berfungsi sebagai media masukan data dari
luar sistem ke dalam memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan
informasi yang diperlukan. Perangkat keras yang termasuk ini diantaranya :
a. Keyboard
Keyboard berfungsi sebagai tempat pengetikan perintah dan masukan
kedalam pada Komputer
b. Mouse
Mouse adalah perangkat keras masukan yang digunakan
untuk menggerakkan penunjuk (pointer
atau kursor)
c. Light Pen
Light Pen
merupakan alat yang berbentuk bolpoin yang berfungsi sebagai memberikan input
pada computer dengan cara menyentuh layar monitor. Teknologi ini lebih teliti
dari pada layer sentuh. Dengan alat ini operator computer dapat memilih item
atau memilih perintah pada layer (seperti klik pada mouse) dengan cara menjepit
sisi-sisi light pen tersebut atau dengan menekan pada layer.
d. Layar Sentuh (Touch Screen)
Layar Sentuh merupakan layer
monitor yang didesain atau dimodifikasi untuk dapat mengenali sentuhan pada
permukaannya. Dengan menyentuh layar pengguna dapat memilih operasi atau
memindahkan kursor
Layer sentuh kurang bagus
jika digunakan pada computer pribadi (personal computer) karena pengguna harus
sering-sering mengangkat tangannya menyentuh monitor. Disamping itu, layar
sentuh tidak memiliki resolosi yang tinggi, sehingga kita dapat memilih sebuah
lokasi sebuah yang kecil.
2. Perangkat Keras Pemroses
Piranti pemroses adalah piranti yang bertugas
memproses masukan yang diterima oleh computersehingga dihasilkan informasi yang
sesuai dengan kebutuhan, piranti pemroses dalam computer adalah CPU (Central Processing Unit)
a.Processor
Processor merupakan nama
singkat dari microprocessor dan sering di sebut CPU (Central Processing
Unit). Komponen ini berupa chip (IC/ Intregated Circuit) adalah sekeping silikon yang berukuran kecil
persegi yang mengandung ratusan ribu bahkan sampai jutaan transistor dan
komponen elektrik lainnya. Processor
salah satu komponen yang terpenting dalam sistem komputer, Processor sering
disebut sebagai otak komputer karena sebagai pemroses data.
Contoh: Pentium 3. Pentium
4, Celleron, AMD dll.
b.Memory
Memory adalah ruang simpan sementara dalam chip
komputer, memory terbagai atas main memory (penyimpan memory utama) dan backing
storage (penyimpan cadangan).
(1) Main Memory (memory utama)
Komponen ini berfungsi
sebagai pengingat, dalam hal ini yang disimpan memori dan dapat berupa data
atau program, diantaranya:
·
Menyimpan data yang berasal dari piranti masukan sampai dikirim ke ALU
atau CPU untuk diproses.
·
Menyimpan data hasil dari pemrosesan ALU sebelum di kirim ke piranti
keluaran
·
Menampung program/intruksi yang berasal dari piranti masukan atau dari
piranti pengingat sekunder
Memory dibedakan atas ROM dan
RAM. Selain itu ada pula memory yang di sebut cache memory.
ROM(Read Only Memory) merupakan jenis memori yang isinya tidak hilang
walaupun arus listrik terputus dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca.
ROM BIOS biasa disebut dengan BIOS (Basic Input/Output Sistem). Intruksi dalam BIOS akan dijalankan oleh
microprocessor ketika komputer mulai dihidupkan.
RAM (Random Access Memory) adalah jenis
memori yang isinya dapat berganti-ganti (bisa dibaca dan ditulisi) selama
komputer dihidupkan dan mempunyai sifat mengingat data selama arus listrik
tidak terputus. Jika arus listrik terputus informasi dalam RAM akan hilang.
RAM berfungsi sebagai penyimpan dan mengambil data dengan cepat. Cache
memory merupakan memory yang memiliki kecepatan sangat tinggi, yang
digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU.
(2) Backing Storage
Backing Storage juga disebut penyimpan cadangan merupakan penyimpan
semua informasi non aktif di dalam kompouter, penyimpanan ini dibedakan atas
serial acces contohnya tape drive dan direct acces contohnya disk magnetic
(hardisk), floppy disk (disket), CD/DVD ROM dan sebagainya
c. Mother board
Motherboard terkadang
disebut sistem board, main board dan plannar. Komponen ini
terdiri atas sejumlah komponen yang terpasang secara
menetap (tak bisa dilepas) dan slot-slot atau socket untuk memasang komponen
yang dapat dilepas, misalnya sound card, i/o card, cip mikroprosesor dan cip
ram. Ada beberapa motherboard yang telah dilengkapi dengan i/o yang tidak dapat dilepas yang dikenal onboard.
Slot-slot motherboard memungkinkan
pemakai melakukan ekspansi atau melakukan upgrade, istilah ekspansi merupakan
meningkatkan kemampuan komputer dengan cara menambahkan komponen-komponen
tertentu untuk melakukan tugas-tugas yang tak tercakup pada sistem sebelumnya
d.Catu Daya
Catu daya (power
supply) berfungsi sebagai pemasok listrik dalam rangkaian komputer.
Masukan
komponen ini berupa arus listrik bolak-balik (AC) selanjutnya catu daya
mengonversi arus bolak-balik menjadi arus searah (DC), arus searah inilah yang
sesungguhnya digunakan oleh komponen-komponen dalam komputer. Catu daya dapat
di hidupkan dan dimatikan melalui tombol On-Off yang terdapat di bagian depan
casing
komputer.
3. Perangkat Keras Keluaran
a. Monitor
Monitor merupakan piranti
atau peripheral yang termasuk dalam softcopy. Ukuran monitor sama seperti
ukuran telivisi, yakni didasarkan pada panjang diagonal dari area yang dapat
kita lihat. Untuk ukuran monitor desktop yang saat ini berukuran 14”, 15”, 17”,
19” dan 21” untuk ukuran laptop yakni 12.1”, 13.3”, dan 14.1”
Untuk ukuran resolosi
di tentukan jumlah piksel (picture element) yang merupakan titik terkecil penghasil tampilan
layer. Misalnya resolosi 1.024 x 768 berarti monitor mengandung 1.024
baris piksel dan 768 kolom piksel, dengan kata lain junlah piksel yang tersusun
di monitor sebesar 1.024 x 768 buah. Semakin besar resolosinya
maka semakin bagus kualitas gambar atau tampilan monitor. Berdasarkan
pembuatannya monitor terbagi atas :
(1)
Monitor CRT (Cathode
Ray Tube)
Monitor CRT memiliki layar
yang terbuat dari tabung hampa, sama seperti tabung telivisi hal ini membuat
monitor CRTmemiliki ukuran relative besar bila dibandingkan dengan monitor LCD
(2)
Monitor Layar Datar (Flat
Panel Display)
Menurut jenisnya Layar datar
terbagi atas : LCD, EL dan Plasma. Monitor Layar LCD memanfaatkan
dua keeping bahan yang terpolarisasi dengan ditambah cairan krystal diantara
kepingan tersebut. sinyal listrik yang dilewatkan melalui melalui cairan
kristal akan membuat kristal di dalamnya akan mencengat cahaya yang lewat. Oleh
karena itu tampilan LCD jenis monochrome
biasanya berupa citra berwarna biru atau gelap dengan
latar belakang abu-abu muda. Jenis LCD berwarna menggunkan dua jenis teknik
untuk menghasilkan warna yaitu passive
matrix dan active
matrix
b. PRINTER
Printer adalah perangkat
keras yang digunakan untuk membuat cetakan pada kertas, berdasarkan teknologi
pencetakannya prnter dikelompokkan manjadi :
(1) Impact
Printer jenis
ini sering disebut hammer, karena pencetakannya delakukan dengan memukul
sekelompok pin (jarum) ke pita tinta. letak pin sangat berdekatan sehingga
membuat tampilan huruf relatif tidak terputus. Jumlah pin berkisar antara 9
hingga 24 pin, semakin banyak junlah pin maka semakin halus tulisannya,
keunggulan printer ini terletak pada kemampuan mencetak dengan kertas rangkap
yang tidak bisa dilakukkan printer lain, yang termasuk printer jenis ini
diantaranya :
·
Dot Matrix (printer yang
menggunakan kepala cetak berupa sekumpulan pin)
·
Daisy Wheel (printer yang
menggunakan roda yang berisi karakter-karakter)
·
Line Printer ( printer yang
mencetak satu baris perwaktu)
(2) Thermal
Printer
thermal merupakan pilihan terbaik bagi keluaran yang cetakan berwarna
dengankualitas tinggi. Cetakan berwarna printer thermal memerlukan kertas
berlapis lilin atau parafin, dan panas akan membakar titik-titik pada kertas
khusus tersebut sehingga hasil cetakannya pun bagus. Untuk cetakan hitam putih,
printer thermal tidak memerlukan kertas khusus bisa dengan kertas biasa
(3) Ink-Jet
Printer Ink-Jet adalah
printer yang memberikan cetakan dengan cara menyemprot titiktitik tinta yang
bermuatan listrik ke kertas cetakan, printer ini bisa digunakan untuk cetak
berwarna atau hitam putih, mencetak pada kertas biasa atau pad plastic untuk
bahan presentasi.
(4) Laser
Printer Laser yang memberikan
hasil yang terbagus, printer ini dirancang untuk komputer Mainframe karena
memiliki kecepatan sekitar 229 hal per menit, sedangkan untuk komputer PC
dengan kecepatan 4 sampai 25 hal per menit.
(5) Multifungsi
Printer multifungsi
merupakan jenis printer yang memiliki berbagai fungsi, misalnya digunakan untuk
: fotocopy, scanner, bahkan ada bisa untuk fax
c. SCANNER
Scanner
merupakan perangkat keras masukan yang berfungsi untuk memindah suatu
obyeksehingga menghasilkan gambar elektronik dengan menggunakan sinar yang
terlihat atau radiasi elektromagnetik lain seperti sinar laser. Cara kerjanya
adalah dengan menempatkan sebuah obyek diatas kaca scanner,
4. Perangkat Keras Penyimpanan
Perangkat
keras penyimpanan berfungsi sebagai tempat menyimpan data informasi dan program
secara permanen agar dapat dikembalikan kembali oleh komputer setiap saat
dibutuhkan, perangkat keras yang termasuk ini diantaranya :
a. Harddisk
Harddisk
terbuat dari lempengan (piringan) yang dilapisi dengan material yang dapat di
magnetik pada kedua sisinya. Harddisk dapat menyimpan data dalam jumlah yang
besar dan dapat dipanggil kembali pada waktu yang singkat
b. Floppy disk
Floppy disk
adalah piringan yang fleksibel yang terbuat dari mylar yang dilapisi dengan zat
ferro oksida. Karena piringan ini bersifat sangat tipis dan dilapisi plastic,
alat ini lebih di kenal dengan disket, disket hanya mampu menyimpan data dengan ukuran
terbatas.
c. Magneto-optical
Magneto-optical
(MO) adalah gabungan dari drive magnetic dan optic, dimana data ditulis ke
dalam media penyimpanan dengan bantuan sinar laser dan head magnetic. Perangkat
ini tidak popular dalam masyarakat pengguna komputer
d. Optical disk
Media
penyimpanan optikal dengan menggunakan sinar laser untuk menulis dan mengambil
data. Teknologi ini sama dengan yang digunakan pada teknologi audio VCD karena
isinya bersifat permanent dan tidak dapat dirubah dan dihapus, yang dinakan
CD-ROM (compact disc-read only memory).
e. CD-R dan
CDRW
Namun,
sesuai dengan perkembangan jaman, sekarang banyak pilihan keeping CD yang dapat
ditulis dan dihapus unutk dipakai lagi yang disebut CD-R (compact disc-recordable). dan CDRW (compact
disc- recordable writeable).
f. Memory
Memory
adalah mekanisme penyimpanan data yang digunakan oleh computer. Dalam computer
semua data terdiri dari serangkaian angka, komputer menyimpan angka-angka
tersebut dalam memory untuk kemudian digunakan.
Memory
dalam komputer dibagi menjadi ;
·
Memoy Internal
Internal memory beroperasi
pada kecepatan yang sangat tinggi dan dapat diakses secara langsung oleh CPU,
internal memory terkandung di dalam chip computer dan menggunakan IC untuk
menyimpan data. internal memory dibagi yaitu ROM dan RAM
·
Memory ekternal
Memory ekternal juga disebut sebagai media penyimpanan ekternal,
penggunaan memory ekternal pada dewasa ini sangat popular digunakan, yaitu yang
disebut flash disk atau flash drive yaitu memory yang dapat pasang dan dicabut dengan mudah
PROSES KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
A. PROSES KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Teknologi informasi (Information Technology) biasa disebut TI, IT atau infotech.
Menurut Haag dan Keen,
1996, teknologi informasi merupakan seperangkat alat yang
membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang
berhubungan dengan pemrosesan informasi,
Menurut Martin, 1999, teknologi informasi tidak hanya terbatas pada
tekologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak)
yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melaikan juga mencakup
teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Menurut Williams dan
Sawyer 2003, teknologi informasi
adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur
komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
Dari definisi diatas bahwa teknologi
informasi tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup
teknologi komunikasi, dengan kata lain bahwa teknologi komunikasi merupakan
gabungan antara teknologi komputer dengan tenologi telekomunikasi.
a. TEKNOLOGI
KOMPUTER
Teknologi
Komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer,
misalnya printer, pembaca sidik jari, CD-ROM,
Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh
program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.
Program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk
mengendalikan komputer, sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang
dikehendaki pembuatnya.
Data adalah bahan mentah bagi informasi yang dapat berupa
angka, huruf maupun gambar suara, sedangkan informasi adalah bentuk data yang
diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambil keputusan.
b. TEKNOLOGI
TELEKOMUNIKASI
Teknologi
telekomunikasi atau sering disebut
teknologi komunikasi merupakan teknologi yang
berhubugan dengan komunikasi
jarak jauh, seperti telepon, radio dan televisi
Teknologi
informasi tidak harus secara spesifik berupa komputer yang
terhubung ke komputer lain melaluai alat telekomunikasi, tetapi juga dapat
berupa peranti seperti ponsel ataupun berupa
peralatan elektronika lain
yang berhubungan dengan penyajian informasi (misalnya telivisi).
Hal yang terpenting adalah
bahwa teknolgi informasi itu melibatkan komputer dan telekomunikasi.
Yang dimaksud
dengan sistem teknologi informasi adalah
sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Suatu
sistem teknologi informasi pada dasarnya tidak hanya mencakup hal-hal yang
bersifat fisik seperti kopumter, printer tetapi juga mencakup hal yang tidak
terlihat secara fisik yaitu: software dan yang lebih penting adalah orang.
1. Sistem Komputer
Tujuan pokok dari sistem komputer atau
sistem teknologi inforamasi adalah mengolah data untuk menghasilkan suatu
informasi. Agar tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen
yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah software, hardware
dan brainware :
- Hardware (perangkat keras) merupakan peralatan di sistem komputer yang
secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
- Software (perangkat lunak) merupakan program yang berisi perintah-perintah
untuk melakukan pengolahan data
- Brainware adalah
manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen tersebut harus saling
berhubungan dan membentuk satu kesatuan untuk menghasilkan informasi. Apabila
hardware tanpa adanya software maka tidak akan berfungsi untuk menghasilkan
informasi, begitu juga hardware yang sudah ada softwarenya tetapi tidak ada
brainwarenya (user) maka tidak akan menghasilkan
informasi yang diharapkan.
Dalam pemrosesan pengolahan data terdiri dari 3
tahap dasar, yang lebih dikenal dengan siklus
pengolahan data (data processing cycle) yaitu input, processing dan output.
|
![]() |
![]() |
Input,
merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input
device)
Processing, merupakan proses pengolahan data yang sudah dimasukkan yang dilakukan
oleh
pemroses (Processing device), yang dapat berupa proses
menghitung, membandingkan,
mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalkan dan
sebagainya.
Output,
merupakan proses menghaslkan output dari hasil pengolahan data kea lat output
(output
device) yaitu berupa informasi
Dalam proses kerja komputer sangat menakjubkan adalah
kecepatannya, komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya
perhitungan, pernambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu
dalam satuan millesecond, microsecond, nanosecond
atau picosecond.(10-12 detik)
Komputer yang paling cepat dapat melakukan operasi dalam waktu
picosecond. Misalnya manusia dalam melakukan suatu perhitungan pertambahan dalam
waktu 1 detik, bila kecepatan komputer adalah picosecond, 1 detik operasi
pertambahan yang dilakukan komputer akan diselesaikan oleh manusia dalam waktu
1 trilyun detik atau 31709 tahun
Kemampuan komputer yang lain adalah ketepatanya, kalau
manusia lelah maka mentalnya
akan luluh (mental fatique) yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan, misalnya
manusia melakukan perhitungan 1000 kali tanpa henti, kalau dilakukan
terus-menerus tanpa henti maka akan sering melakukan kesalahan, sebaliknya pada
komputer, karena tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah, maka komputer
tidak akan mengalami kesalahan.
Komputer akan mengalami kesalahan apabila ;
- Komponennya rusak
- Data yang dimasukkkan salah, maka hasilnya akan
salah
dan disamping komputer mempunyai kecepatan dan
ketepantan dalam beropersi, juga kemampuan lain yaitu mempunyai ingatan (memory) yang
besar.
Walaupaun kelihatannya komputer lebih
unggul dari manusia tetapi ada beberapa hal yang tidak bisa menyamai manusia,
manusia mempunyai inisiatif dan dapat beradaptasi dengan situasi tertentu.
Sedangkan komputer tidak dapat melakukan hal tersebut, juga yang lain menusia
mempunyai perasaan sedangkan komputer tidak mempunyai perasaan.
2. Peranan Teknologi
Informasi
Peranan teknologi informasi pada masa
sekarang tidak hanya dipergunakan bagi organisasi,melaikan juga untuk kebutuhan
perorangan. Bagi organisasi teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai
keunggulan kompetitif, sedangkan bagi perorangan, teknologi dapat digunakan
untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk mencari pekerjaan.
Teknologi informasi bisa dikatakan telah merasuki
kesegala bidang, ke berbagai lapisanmasyarakat. Pada masa sekarang ponsel
dengan kemampuan mengambil inforamsi dari internet telahmenjadi barang yang
biasa dipakai orang untuk berkomunikasi, yang menjadikan jarak seperti tak
terasa.
B. FUNGSI DAN CARA KERJA JARINGAN
TELEKOMONIKASI
Dewasa ini komputer tunggal telah digantikan dengan
komputer jaringan agar bisa menjalankan banyak tugas. Penggunaan beberapa
komputer yang dihubungkan oleh jaringan komunikasi untuk
pemrosesan disebut pemrosesan
terdistribusi. Kebalikannya pemrosesan terpusat adalah pemrosesan yang
dijalankan oleh sutu omputer besar. Pada pemrosesan terdistribusi, tugas-tugas
pemrosesan terbagi atau didistribusikan kepada PC, komputer menengah, mainframe
yang saling terhubung.
Satu bentuk pemrosesan terdistribusi yang banyak
digunakan adalah komputasi klien/server.
Komputasi klien/server ada pada jaringan,
namun masing-masing mesin diarahkan untuk menjalankan fungsi yang paling sesuai
untuknya. Klien menjalankan fungsi poin-masukan dari pengguna, dan biasanya
merupakan komputer kecil, workstation atau laptop. Pengguna berinteraksi secara
langsung hanya pada bagian klien dari aplikasi yaitu meng-input data atau
mengambil data untuk dianalisis.
Server menyediakan jasa bagi klien. Server bisa
berupa komputer mainframe atau komputer menengah, namun biasanya berfungsi
khusus untuk menyimpan dan mengolah data, serta berfungsi back-end yang tidak
bisa dilihat oleh pengguna seperti mengelola aktivitas jaringan.
Jaringan komputer (computer network) atau sering disebut jaringan merupakan hubungan dua
buah simpul (umunya berupa kompuer) atau lebih, yang
ditujukan untuk melakukan pertukaran dataatau untuk melakukan bagi pakai
perangkat lunak, perangkat keras dan bahkan berbagi kekuatan pemrosesan.
Berikut ini mafaat
pengunaan jaringan komputer adalah :
1.
Berbagi perangkat keras
Perangkat keras semacam
hard disk, printer, CD-ROM drive dan bahkan modem dapat digunakanoleh sejumlah
komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Piranti cukup di pasang pada
sebuah komputer atau yang dihubungkan ke suatu peralatan khusus dan semua
komputer dapat mengaksesnya, cara seperti ini dapat menghemat biaya.
2.
Berbagi program dan data
Program atau data dapat
disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server (melayani
komputer-komputer yang membutuhkan informasi, baik program atau data).
penempatan data pada server juga memberikan keuntungan yaitu dapat menghidari
duplikasi data dan ketidak konsistenan, data disimpan secara terpusat pada
sebuah komputer bukan pada komputer pemakai sehingga tidak terjadi duplikasi
data, apabila ada perubahan data oleh seseorang maka akan segera diketahui oleh
orang lain.
3.
Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya jaringan
komunikasi informasi dapat dilakukan lebih cepat, para pemakai kumputer dapat
bertukar atau mengirim informasi dengan mudah dan bahkan dapat mengirim tulisan
secara langsung (chating) ataupun telekonferensi.
4.
Memudahkan pengaksesan informsi
Dengan jaringan komputer
memudahkan dalam mengases program, data atau informasi yang ada pada server.
Dilihat dari teknologi yang digunakan dan luas area
geografis yang dicakupnya, secara umum
jaringan komputer dapat digolongkan menjadi beberapa
macam, diantaranya :
1
LAN (Local Area Network)
LAN merupakan jaringan
milik pribadi didalam sebuah gedung, perkantoran yang berukuranbeberapa
kilometer, LAN sering kali untuk digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer
pribadi atau workstation dalam kantor suatu perusahaan untuk memakai secara
bersamasumberdaya (resoude, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
LAN merupakan sistem jaringan komputer untk menjalin komunikasi data antara
satu komputer dengan banyak komputer yang dihubungkan paling sedikit dengan
satu server sebagai pengatur jalanya lalulintas komunikasi data dalam jaringan.
2
MAN (Metropolitan Area Network)
MAN pada
dasarnya merupakan versi dari LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan
teknologi yang sama dengan LAN, MAN dapat mencakup beberapa kantor yang
letaknya bedekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan
pribadi atau umum, MAN juga mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat
berhungan dengan jaringan telivisi kabel.
3
WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jaringan
komputer yang mecakup area yang sangat luas dari segi geografis, WAN dapat
mencakup sebuah Negara atau benua, Wan ini terdiri dari kumpulan mesin-mesin
yang betujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4 Internet
Internet merupakan
jaringan komputer yang sangat besar yang dapat mencakup seluruh dunia, internet
adalah jaringan komputer independent yang dihubungkan satu dengan yang lainnya,
jaringan ini dapat terdiri dari lembaga-lembaga pendidikan, pemerintahan,
perusahaan dan lainya.
1. MEDIA TRANSMISI
Media tranmisi juga dikenal dengan sebutan media
komunikasi, adalah media yang digunakan sebagai penghubung antara pengirim dan
penerima, untuk melintaskan isyarat. Media ini di kelompokkan menjadi dua yaitu
;
- Media berkabel (bounded media/gueded media/hard media)
- Media tak berkabel (wireless media/unbounded media/unguided media/soft media)
A. Media Berkabel (wired)
Media berkabel
adalah media transmini yang menghubungkan penerima dan pengirim yang secara
fisik dengan menggunakan kabel sebagai penghubung, yang termasuk transmisi ini
adalah:
1. Kabel Pasangan
Terpilin (twisted pair
cable)
Kabel pasangan terpilin biasa disebut kabel telepon,
karena biasa dipakai untuk saluran pesawat
telepon. Setiap dua kabel (disebut sepasang) saling
dipilin dengan tujuan untuk mengurangi
interferensi elektromagnetik terhadap kabel lain atau
terhadap sumber eksternal. Kabel ini
terdiri dari atas 2 atau 4 pasang kabel yang
diselubungi penyekat (isolator)
Macam kabel pasangan terpilin :
·
UTP (unshielded twisted pair)
·
STP (shielded twisted pair)
2. Kabel Koaksial (coaxial cable atau coax)
Kabel koaksial mengandung
penghantar yang terbuat dari tembaga pada bagian inti. Penghantar ini diselubungi
dengan penyekat (isolator) serta diselubungi dengan ayaman kawat, selanjutnya
ayaman kawat dibungkus dengan penyekat. Kabel koaksial biasa digunakan untuk
koneksijaringan local, koneksi TV kabel atau antenna TV. Kecepatan data
berkisar 100 Mbps sampai 2,4 Gbps
Jenis-jenis kabel koaksial
adalah :
·
RG-8, digunakan untuk thick Ethernet
·
RG-9, digunakan untuk thick Ethernet
·
RG-11, digunakan untuk thick Ethernet
·
RG-58, digunakan untuk thin Ethernet
·
RG-59, digunakan untuk telivisi
a. Kabel Serat Optik
Kabel serat optik ini
berbeda dengan yang lain, karena kabel serat optik membawa isyarat data dalam
bentuk berkas cahaya, kabel ini biasa digunakan pada LAN berkecepatan gigabite
per detik. Perlu diketahui cahaya mempunyai kecepatan 300.000 km/detik dalam
ruang hampa. Kecepatan cahaya dalam media tranmisi tergantung pada kepadatan
media , semakin padat maka semakin lambat.
Sistem transmisi serat
optik ini mempunyai 3 komponen yaitu :
- Sumber cahaya
- Media transmisi
- Detector cahaya
Saat ini terdapat tiga
teknologi serat optik
- Multimode step-index
- Multimode graded-index
- Single-mode
Keuntungan
kabel serat optik bila
dibandingkan dengan yang lain yaitu:
- Memiliki lembar-jalur yang lebih besar, dengan
begitu kabel serat optic menangani volume data yang besar atau mendukung
kecepatan
- Lebih ringan dan kecil
- Tidak terinterferensi olek elektromagnetik dan
tidak terjadi cakap silang antar serat optic
B. Media Tak Berkabel (wireless)
Jaringan tanpa kabel
merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan
jaringan yang menghubungkan kabel, misalnya orang yang ingin mendapatkan
informasi yang sedang berada diatas mubil atau pesawat, maka jaringan tanpa
kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin digunakan. Saat ini
jaringan tanpa kabel sudah mulai marak digunakan dengan memanfaatkan jasa
satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yan lebih
cepat dibandingkan dengan
jaringan menggunakan kabel Media tak berkabel adalah media transmisi yang tidak
menggunakan kabel, yang termasuk dalam media ini adalah :
1. Gelombang Mikro (microwave)
Gelombang mikro
merupakan bentuk radio yan menggunakan frekuensi tinggi (dalam satuan
gigahertz), yang melimputi kawasan UHF, SHF dan EHF. Mikrogelombang biasa
disebut tranmisi garis-pandang (line of sight) disebabkan antara pengirim dan
penerima harus dalam keadaan garis pandang.
Sifat ini didasarkan karateristik frekuensi yang
digunakan, dengan gelombang
frekuesi diatas 100 MHz akan menjalar dengan arah
arus. Jarak tranmisi biasanya terbatas pada
20-30 Km, karena factor kelengkungan bumi. Jika ingin
lebih dari jarak tersebut maka perlu
adanya penambahan repeater.
Mikrogelombang banyak pakai pada sistem jaringan MAN,
warnet dan penyedia layanan
internet (ISP)
Kelemahan Mikrogelombang yakni, rentan terhadap cuaca,
hujan dan terpengaruh terhadap
pesawat tebang yang melintas diatasnya.
2. Satelit
Satelit sebenarnya juga menggunakan gelombang mikro
hanya saja satelit digunakan sebagai
stasiun relay yang berada diangkasa, dengan ketinggian
kira-kira 480 – 22.000 mil di atas pemukaan bumi.
b. Gelombang Radio
Tranmisi dengan menggunakan gelombang
radio dapat digunakan untuk mengirimkan suara ataupun data, kelebihan tranmisi
ini adalah mengirmkan isyarat dapat dapat dilakukan dengan sembarang posisi
(tidak harus lurus pandang) dan bisa dimungkinkan dalam keadaan bergerak.
Frekuensi yang digunakan anatara 3 KHz sampai 300
GHz., salah satu contoh yang menggunakan gelombang radio seperti Pager, Telepon
Seluler, Bluetooth, WiFi, Home RF, Pesawat Radio, Pesawat TV dll.
Bluetooth yang dirancang untuk mengantikan kabel yang
menghubungkan PC ke printer dan PDA atau telepon tanpa kabel WiFi dirancang
agar mesin-mesin dalam kantor berkomunikasi dengan kecepatan tinggi dan berbagi
hubungan internet dengan jarak sampai 300 kaki, standar ini dikenal dengan
sebutan IEEE 802.1b
HomeRF merupakan teknologi yang dirancang untuk
menghubungkan PC-PC dalam rumah
dengan jarak sapai 150 kaki.
c. Infra Merah
Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak
dekat, dengan kecepatan 4 Mbps, dalam
penggunaanya untuk pengendalian jarak jauh misalnya (remoute control) pada televisi serta alat
elektronik lain.
Kini inframerah digunakan sebagai media transmisi pada
LAN, juga menghubungkan mouse
pada komputer
Keuntungannya :
- Kebal terhadap interferensi radio dan
elekromagnitik
- Inframerah mudah dibuat dan murah
- Instlasi mudah
- Mudah dipindah-pindah
- Keamanan inframerah lebih tinggi dari pada
gelombang radio
Kelemahannya :
- Jarak terbatas
- Infra merah tak dapat menembus diding
- Harus adal lintasan lurus dari pengirim dan
penerima
- Tidak dapat digunakan di luar ruangan, karena
akan terganggu oleh cahaya matahari
2. TOPOLOGI JARINGAN
Topologi jaringan
merupakan susunan komputer secara fisik dalam suatu jaringan, berbagai macam
topologi diantarnya : bintang, cicin, bus, pohon, lengkap dan tak beraturan,
seperti pada gambar berikut :

a. Topologi Star
Pada topologi ini terdapat komponen yang sebagai pusat
pengontrol, semua simpul yang
hendak berkomunikasi selalu melaui pusat pengontrol
tersebut, dalam hal ini pusat pengontrol
berupa hub atau switch
Kelebihan topologi bintang anatara lain :
- Mudah dikelola dan dihubungkan (penyebab
kegagalan mudah untuk diketahui)
- Kegagalan pada sebuah komputer tidak terpengaruh
pada seluruh jaringan
Kelemahannya antara lain ;
- Kegagalan pada pusat pengontrol akan meyebabkan
ke gagalan jaringan secara keseluruhan
- Jika pusat pengontrol berupa hub (bukan berupa
switch) kecepatan tranmisi menjadi lambat
b. Topologi Cincin
Topologi ini dengan sisitem informasi
akan dikirim melalui sebuah komputer ke komputer berikutnya. Kelemahan topologi
ini terletak pada kegagalan salah satu simpul, jika ada salah satu
simpul mengalami kegagalan maka semua hubungan akan
terputus.
c. Topologi Bus
Topologi ini semua simpul dihubungkan melalui kabel
yang disebut bus, kabel yang
digunakan berjenis koaksial.
Topologi bus mempunyai kelemahan yaitu :
- Jika kabel utama (bus) putus, maka semua komputer
tidak bisa berhubungan
- Jika kabel utama panjang dan terjadi gangguan
maka untuk mencari kesalahan mengalami kesulitan mencari penyebabnya
- Jika komputer banyak yang aktif dan saling
bertukar informasi, maka akan terjadi tabrakan sehingga mengakibatkan
kecepatan pengiriman data berkurang
Kelebihannya adalah :
- Instalasi mudah
- Biaya murah
d. Topologi Pohon
Topologi pohon merupakan pengembangan dari topologi
bintang, dengan salah satu simpul
menjadi pengontrol bagi sejumlah simpul yang berada
dibawahnya.
Topologi ini bisa digunakan pada jaringan lan
mengingat kemudahan untuk melakukan ekspansi
dan mengurangi keruwetan kabel. Dengan
menggunakan hub tambahan, sejumlah komputer (piranti yang lain) dapat
dihubungkan dengan mudah.