Jumat, 22 Juni 2012

Maradona: Butuh 2 Pemain 'Matikan' Ronaldo


"Kalau hanya satu pemain, tidak cukup untuk menghentikannya."
Kamis, 21 Juni 2012, 21:34 WIB
Zaky Al-Yamani

Cristiano Ronaldo saat cetak gol ke gawang Belanda (Reuters)
VIVAbola - Mantan pemain legendaris Argentina, Diego Maradona, menyarankan kesebelasan Ceko harus 'mematikan' pergerakan Cristiano Ronaldo jika ingin meraih kemenangan di perempat final melawan Portugal. Perlu sedikitnya dua pemain yang harus menjaga Ronaldo di sepanjang laga pada Jumat dini hari nanti.

"Ceko harus menempatkan setidaknya dua pemain untuk menjaga Ronaldo sepanjang laga. Kalau hanya mengandalkan satu pemain, tidak cukup untuk menghentikannya," ujar Maradona seperti dikutip dari Soccerway, Kamis, 21 Juni 2012.

Maradona mencontohkan bagaimana Belanda gagal mematikan pergerakan Ronaldo karena hanya menugaskan satu pemain untuk menjaganya. Hasilnya, Ronaldo mencetak dua gol dan menyingkirkan der Orange dari Piala Eropa.

"Melawan Belanda, Ronaldo berlari di antara Gregory van der Wiel dan Ron Vlaar seperti pisau panas yang dengan mudah memotong mentega," tambahnya.

Maradona sendiri yakin Portugal menjadi tim unggulan di laga ini. Hal itu tentu saja tidak terlepas dari keberadaan Ronaldo yang menguntungkan kubu Portugal dan bakal memberikan pengaruh besar pada hasil laga nanti. Selain itu, pertahanan Portugal juga dianggap cukup tampil solid.

"Tidak ada keraguan jika Portugal difavoritkan untuk memenangi laga ini. Portugal memiliki pertahanan yang kuat. Kehadiran Ronaldo di lini depan juga memiliki keuntungan tersendiri bagi Portugal," ujarnya.

"Mereka (Portugal) memiliki Ronaldo dan sayangnya Ceko tidak. Maka Michal Bilek (pelatih Ceko) harus menemukan solusi jitu untuk 'mengunci' Ronaldo," tandasnya. (ren)

• VIVAbola